• Call/Sms. 0812 7263 0412
  • BBM. D650F20B

Apa Penyebab Penyakit Dactylitis?

 

Penyebab Penyakit Dactylitis


Penyakit Daktilitis adalah pembengkakan jari-jari tangan dan kaki yang bisa menyebabkan mereka memiliki penampilan seperti sosis. Terkadang disebut sosis digit, dactylitis bisa menjadi gejala beberapa kondisi medis yang berbeda.

Pada artikel ini, kita melihat penyebab paling umum dactylitis, serta bagaimana didiagnosis dan diobati.

Apa Penyebab Penyakit Dactylitis?


Apa Itu Dactylitis?


Daktilitis menyebabkan jari dan tangan menjadi kemerahan dan bengkak. Salah satu cara sistem kekebalan tubuh merespons penyakit dan luka adalah melalui proses yang disebut peradangan. Peradangan menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan perubahan fisik lainnya saat tubuh melawan infeksi.

Daktilitis adalah bentuk peradangan pada jari tangan atau kaki. Gejalanya meliputi pembengkakan pada satu atau lebih jari tangan atau jari kaki, dan sering di seluruh tangan atau kaki. Bengkak memberi jari-jari penampilan seperti sosis dan kembung. Bengkak mungkin menyakitkan dan bisa menyulitkan daerah yang terkena.

Daktilitis bisa jadi karena infeksi atau karena adanya perubahan pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini sering merupakan hasil dari kelainan autoimun. Penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat.


Enam Penyebab Umum Dactylitis


Setiap penyakit atau infeksi yang menyebabkan peradangan berpotensi menyebabkan dactylitis. Penyebab paling umum dari jari atau jari bengkak meliputi:

1. Penyakit Sel Sabit

Penyakit sel sabit adalah sekelompok kelainan genetik sel darah merah. Biasanya, sel darah merah berbentuk seperti cakram. Pada orang dengan penyakit sel sabit, perubahan hemoglobin bisa mengubah bentuk sel darah menjadi bentuk sabit atau melengkung.

Hemoglobin membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga perubahan protein hemoglobin dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mendapatkan cukup oksigen. Kurangnya oksigen di jaringan menyebabkan rasa sakit mendadak dan parah dan seseorang mungkin perlu pergi ke rumah sakit untuk perawatan.

Daktilitis mungkin merupakan gejala pertama pada orang dengan penyakit sel sabit, terutama pada anak-anak. Itu bisa muncul pada bayi semuda usia 6 bulan.

Bila daktilitis terjadi sebagai efek samping dari penyakit sel sabit, bisa disertai demam, nyeri, dan peningkatan sel darah putih. Anak-anak dengan jari bengkak harus dievaluasi oleh dokter untuk sel sabit dan penyakit lainnya.

2. Tuberkulosis

Daktilitis adalah komplikasi tuberkulosis yang jarang terjadi. Tuberkulosis adalah penyakit bakteri menular yang bisa menyebabkan radang di paru-paru. Dalam kasus yang jarang terjadi, bisa menyebabkan radang tulang.

Peradangan tulang ini menyebabkan tulang tangan atau kaki membengkak, menghasilkan rasa sakit dan perubahan bentuk jari tangan atau jari kaki. Dalam kebanyakan kasus, hanya satu sisi tubuh yang terpengaruh. Kusta adalah penyakit lain yang bisa menyebabkan perubahan serupa pada jari.

3. Sarkoidosis

Sarkoidosis adalah penyakit autoimun inflamasi yang dapat mempengaruhi jantung, hati, ginjal, paru-paru, dan organ lainnya. Hal itu menyebabkan masalah berat pada organ tubuh dan bahkan bisa berakibat fatal.

Sangat jarang, sarkoidosis dapat mempengaruhi tulang dan otot tangan, menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan. Orang dengan gejala ini juga dapat mengembangkan lupus pernio, yang menyebabkan lesi dan plak di wajah, telinga, dan jari.

4. Sipilis

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Wanita hamil dengan sipilis dapat menyebarkan penyakit ini ke bayi mereka, mengakibatkan sipilis kongenital.

Terkait : Obat Sipilis Gang Jie Gho Siah

Dalam kasus yang jarang terjadi, bayi yang lahir dengan sipilis kongenital dapat mengembangkan dactylitis dari jari tangan atau jari kaki. Hal ini disebabkan oleh peradangan pada tulang dan jaringan, dan biasanya, mempengaruhi kedua sisi tubuh.

5. Spondyloarthritis

Spondyloarthritis mengacu pada jenis arthritis yang mempengaruhi sendi dan entheses, yaitu jaringan dimana tendon dan ligamen menempel pada tulang. Salah satu bentuk spondilloarthritis yang paling umum adalah radang sendi psoriatis. Daktilitis terkadang bisa menjadi tanda arthritis psoriatis tingkat lanjut.

Daktilitis sering terjadi pada spondilokrit, yang mempengaruhi sekitar sepertiga orang dengan kondisi ini. Periset belum memiliki pemahaman yang jelas mengapa begitu banyak orang dengan spondyloarthritis mendapatkan dactylitis, tapi mereka tahu itu karena pembengkakan di persendian dan jaringan sekitarnya.

Orang dengan rheumatoid arthritis tidak mendapatkan dactylitis, sehingga beberapa dokter menggunakan adanya dactylitis untuk membantu mendiagnosa bentuk arthritis yang dimiliki seseorang.

6. Infeksi

Beberapa infeksi dapat menyebabkan pembengkakan jaringan jauh di bawah kulit atau bahkan di tulang. Pembengkakan ini bisa menyebabkan gejala dactylitis.

Bentuk dactylitis yang disebut blistering distal dactylitis disebabkan oleh infeksi pad lemak dari satu jari atau jari kaki. Biasanya disebabkan oleh infeksi kulit, seperti Streptococcus atau Staphylococcus, bentuk dactylitis ini terjadi karena masalah sirkulasi.

Terobosan dactylitis distal bisa sangat menyakitkan dan bisa menyebabkan lesi atau lecet pada atau di dekat daerah yang terkena. Kondisinya lebih sering terjadi pada anak dibanding orang dewasa.

Gejala dan Diagnosis Dactylitis


Gejala dactylitis bervariasi tergantung penyebabnya. Misalnya, infeksi cenderung hanya mempengaruhi satu jari, sementara dactylitis karena sipilis mempengaruhi banyak jari.

Munculnya dactylitis saja tidak dapat secara akurat mendiagnosis penyebabnya. Sebagai gantinya, dokter mungkin melakukan sinar-X atau melakukan tes darah untuk membantu menentukan penyebabnya. Mereka juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan seseorang.

Dokter mungkin bertanya kapan pembengkakan muncul, apakah disertai gejala lain, dan apakah orang tersebut sebelumnya telah didiagnosis dengan gangguan autoimun, kondisi inflamasi, atau infeksi.

Pengobatan Dactylitis


Pengobatan untuk dactylitis terutama melibatkan penanganan penyebab pembengkakan.

Orang dengan arthritis mungkin perlu minum obat arthritis, sementara infeksi mungkin memerlukan antibiotik. Jika bengkak itu menyakitkan, dokter mungkin meresepkan obat nyeri atau merekomendasikan penggunaan obat antiinflamasi non steroid (NSAID), seperti ibuprofen.

Seseorang dengan penyakit tuberkulosis atau sabit mungkin sangat sakit dan memerlukan rawat inap. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak.

Kesimpulan


Dengan perawatan segera, prospek dactylitis bagus. Rasa sakit dan pembengkakan biasanya hilang saat kondisi yang mendasarinya diobati. Dalam kasus daktilitis yang berhubungan dengan sel sabit, pembengkakan biasanya hilang dengan sendirinya.

Banyak penyebab dactylitis, bagaimanapun, adalah penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini mungkin memerlukan penanganan dan penanganan yang berkelanjutan. Jika pengobatan berhenti bekerja, dactylitis bisa terulang kembali.

Orang dengan arthritis psoriatis mungkin memiliki banyak kelenjar dactylitis saat penyakit ini berkembang. Pengelolaan dan pemantauan yang hati-hati dapat mengurangi tingkat keparahan dactylitis, dan dapat mencegahnya untuk kembali.

Karena banyak kondisi yang menyebabkan dactylitis serius, sangat penting seseorang menemui dokter sesegera mungkin untuk jari yang bengkak.

Apa Penyebab Penyakit Dactylitis? 4.5 5 Rizky Ismail Penyakit Daktilitis adalah pembengkakan jari-jari tangan dan kaki yang bisa menyebabkan mereka memiliki penampilan seperti sosis. Terkadang disebut sosis digit, dactylitis bisa menjadi gejala beberapa kondisi medis yang berbeda. Penyebab Penyakit Dactylitis Penyakit Daktilitis adalah pembengkakan jari-jari tangan dan kaki yang bisa menyebabkan mereka memiliki pe...


J-Theme